Sunday, January 9, 2011

Legenda dari Bapak BJ Habibie

Berawal dari thread di modifikasi.com yang dikasih adhel, akhirnya semaleman ini gw penasaran ama suatu hal, dan akhirnya melakukan penelusuran di internet.

Ada apa gerangan yg gw cari? yg gw cari adalah salah satu mobil legenda, Mercedes Benz 300 SL gullwing. Mobil ini jadi makin membuat penasaran karena pemiliknya adalah mantan Presiden Republik Indonesia, BJ Habibie.

Foto yang gw temuin cuma satu dan resolusinya kecil banget



Banyak legenda tentang mobil ini, dan dari berbagai sumber, yang bisa gw simpulin ada beberapa.

Mobil ini konon ditemukan di pedalaman hutan Jambi, ada yang bilang ditemuin ama mahasiswa ITB yang lagi penelitian, dan ada pula yang bilang ditemuin oleh medic yang lagi masuk ke dalam hutan. Mobil ini konon pula pemiliknya adalah juragan kaya, dan setelah meninggal tidak ada yang merawat. Sehingga mobil itu dijadikan oleh suku pedalaman menjadi seperti berhala, dan konon saat ditemukan, mobil yang akhirnya dimiliki BJ Habibie ini ditemukan di atas pohon.

Setelah mobil itu ditemukan, dan konon sempat direstorasi orang lain namun tidak berhasil, konon mobil itu dibeli oleh Pak BJ Habibie. Restorasipun dilakukan, walaupun katanya tidak 'full orisinil' melainkan memakai beberapa parts custom.

Beberapa hal yang konon dibuat custom adalah posisi setir yang dibuat menjadi disebelah kanan, memiliki power steering dan transmisi otomatis.

Walaupun tidak 'full orisinil' lagi, mobil ini, khususnya yang dimiliki Bapak BJ Habibie menjadi perhatian gw malam ini. Dari legenda saat ditemukannya, saat merestorasinya, dan saat sudah jadi. Walaupun menurut beberapa orang di forum modifikasi.com yang gw baca, katanya ni mobil sayang karena bentuknya berubah karena mungkin proses 'custom' yang dilakukan, mobil ini tetep aja, legenda, apalagi saat pemiliknya adalah Bapak BJ Habibie, beliau adalah salah satu inspirasi hidup gw.

sumber :
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2010/12/12/brk,20101212-298346,id.html
http://www.thejakartapost.com/news/2000/09/04/habibie039s-mercedes-benz-most-attractive-show.html
http://www.nzherald.co.nz/motoring/news/article.cfm?c_id=9&objectid=13916
http://www.modifikasi.com/

1 comment:

  1. Nope, ini mobil gak da critanya ditemukan di Jambi, or Kalimantan, or Irian. Hoax..

    Custom made, oleh Dipo Motor atau Dipo Service. termuat di majalah MOTOR era 90an.

    ReplyDelete